Friday 29 July 2016

Solusi Menghilangkan Jerawat dan Bekas Jerawat

Banyak sekali cara  dan solusi menghilangkan jerawat, namun berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk proses penyembuhannya tergantung dari seberapa parah jerawat itu sendiri. Yang harus diingat, tidak ada satupun cara menghilangkan jerawat dengan cepat. Artinya butuh pengobatan minimal 4 minggu untuk menyembuhkan jerawat, itupun masih butuh proses cukup lama untuk membuat permukaan kulit pulih seperti sediakala.

Jerawat memang bukan penyakit berbahaya namun efek yang ditimbulkan sangat luar biasa. Bagi kaum remaja baik pria maupun wanita, jerawat menjadi ‘monster’menyeramkan yang membuat mereka hilang rasa percaya diri dan cenderung menutup diri dari pergaulan. Bahkan untuk jerawat parah yang meninggalkan bekas atau bopeng adalah kondisi menakutkan yang berpengaruh besar dalam pergaulan sehari-hari. 


Produk Kosmetik untuk Menghilangkan Jerawat


Berbeda cara setiap orang mengatasi problem jerawat. Banyak yang masih percaya dengan menggunakan cara-cara alami dari bahan-bahan tradisional, namun banyak juga yang beralih menggunakan produk kosmetik yang konon dipercaya mampu menghilangkan jerawat lebih cepat. Bahkan ada juga yang menggunakan metode face Rejuvenation, sebuah cara perawatan jerawat dengan teknologi berbasis cahaya.

Untuk produk kosmetik penghilang jerawat kita tidak perlu membahasnya satu-persatu karena jumlahnya ribuan, mencakup produk dalam dan luar negeri. Satu yang perlu digarisbawahi terkait produk kosmetik penghilang jerawat, yaitu bahan dan komposisi yang digunakan pada produk tersebut. Artinya kita harus tahu mana bahan yang aman dan tidak aman untuk kulit dari produk yang kita gunakan.

Produk kosmetik penghilang jerawat yang aman dan tidak berbahaya untuk kulit adalah produk kosmetik yang TIDAK mengandung bahan-bahan seperti Triclosan, Parabens, Propylene Glycol, dan Phthalates. Sebaliknya yang direkomendasikan adalah produk kosmetik yang mengandung bahan alami, misalnya ekstrak buah-buahan. Dengan demikian kulit jauh dari resiko iritasi akibat kurang cocok dengan salah satu komponen bahan-bahan kimia produk kosmetik.

Jika ingin mencegah dan menghilangkan jerawat menggunakan produk kosmetik maka kita butuh serangkaian produk yang harus digunakan secara berurutan. Adapun produk-produk tersebut adalah:

-          Pembersih dan Pelembab

Produk pembersih biasanya digunakan pagi dan malam hari sebelum tidur. Fungsinya sendiri untuk membersihkan wajah dari segala macam kotoran, mencegah penyumbatan pori-pori kulit dan mengangkat sel-sel kulit mati. Sedangkan produk pelembab diaplikasikan setelah wajah dibersihkan dengan produk pembersih. Adapun fungsi pelembab untuk menyegarkan sekaligus menjadikan kulit terasa lebih lembut.

-          Krim Pagi dan Krim Malam

Produk krim pagi berfungsi untuk memproteksi kulit wajah dari bakteri dan paparan sinar ultraviolet, terutama untuk seseorang yang lebih banyak menghabiskan waktu di luar ruangan. Sementara krim malam untuk meminimalisir resiko munculnya jerawat, memberi kelembutan menyeluruh di permukaan kulit dan mencegah penuaan dini.

Mengobati Jerawat dengan Face Rejuvenation


Seperti yang disebutkan diawal banyak solusi menghilangkan jerawat, salah satunya dengan metode Face Rejuvenation. Metode pengobatan ini bisa dibilang lebih aman dibanding menggunakan produk penghilang jerawat kebanyakan. Face Rejuvenation terbukti efektif membersihkan wajah, menyembuhkan jerawat sekaligus meremajakan kulit. Resiko atau efek samping dari metode ini juga sangat minim. Berbeda dengan produk kosmetik yang mengandung bahan kimia yang justru berbahaya untuk kulit.

Face Rejuvenation adalah metode perawatan jerawat dan bekas jerawat dengan menggunakan teknologi berbasis cahaya. Dengan metode ini jerawat bisa berkurang secara signifikan, mengurangi peradangan, dan mampu meregenerasi kolagen. Selain itu kulit juga terasa lebih kenyal dan lebih cerah karena kelembabannya lebih terjaga.

Banyak para ahli merekomendasikan Face Rejuvenation untuk menghilangkan jerawat karena metode ini juga mampu membuat kulit menjadi lebih putih. Disamping itu Face Rejuvenation juga mampu mengurangi pigmentasi, menghilangkan flek hitam dan mengurangi kerutan halus pada kulit yang muncul karena usia semakin bertambah. Sayangnya biaya pengobatan jerawat dengan metode Face Rejuvenation ini masih cukup mahal.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat


Dengan menggunakan produk kosmetik dan metode Face Rejuvenation mungkin bisa membebaskan kita dari jerawat. Namun masalahnya tidak sesederhana itu karena kemungkinan masih muncul masalah lain yaitu bekas jerawat. Masalah ini tak kalah menjengkelkan dibanding jerawat karena akan muncul bekas atau cekungan (bopeng) yang muncul pasca jerawat sembuh. Nah, bagaimana cara menghilangkan bekas jerawat yang mengganggu tersebut?

Sebenarnya untuk mencegah munculnya cekungan atau bekas jerawat kita tidak boleh memencet atau terlalu sering meraba-raba jerawat sejak pertama kali muncul hingga jerawat dalam kondisi paling parah. Apabila tetap dilakukan maka kulit akan mengalami infeksi lalu meninggalkan bekas yang tidak mudah dihilangkan. Hanya saja jika bekas jerawat sudah terlanjur terjadi di wajah, maka ada beberapa cara atau alat untuk menghilangkan noda dan bopeng bekas jerawat, berikut ini diantaranya.

-          Punch Techniques, Filler, Subcision

Punch Techniques merupakan satu teknik pengobatan bekas jerawat dengan metode pembedahan. Tujuannya sendiri untuk membuat kulit kembali rata sehingga permukaan kulit terasa lebih halus. Sementara Filler merupakan pengobatan bekas jerawat dengan bahan-bahan khusus. Prinsipnya Filler bekerja dengan cara mengisi bekas luka atau cekungan bekas jerawat sehingga kulit kembali mulus dan rata. Sedangkan Subcision adalah teknik penyembuhan bekas jerawat dengan cara mengangkat dasar kulit yang berjerawat.

-          Chemical Peeling dan Mikrodermabasi

Chemical Peeling adalah cara menghilangkan bekas jerawat tanpa pembedahan, atau lebih tepatnya berbentuk krim. Jenis krim Chemical Peeling ini berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada wajah. Ada beberapa efek samping yang perlu dipertimbangkan yaitu rasa panas dan perih pada kulit, atau kulit memerah dan mengelupas setelah penggunaan beberapa hari. Untuk meminimalkan efek samping krim Chemical Peeling disarankan menggunakan tabir surya karena krim ini sangat rentan terhadap paparan sinar ultraviolet.

Sama seperti Chemical Peeling, Mikrodermabasi merupakan cara menghilangkan bekas jerawat dengan mengangkat sel-sel kulit mati. Cara ini mengggunakan alat khusus untuk menyamarkan bekas jerawat sehingga permukaan kulit nampak mulus tanpa bintik dan flek hitam.

-          Mesotherapy dan Dermaroller

Mesotherapy merupakan alat khusus untuk menghilangkan jerawat berbentuk mesogun. Cara penggunaannya ditembakkan pada bekas jerawat dengan tujuan memberi rangsangan pada pertumbuhan kolagen disekitar area jerawat. Sedangkan Dermaroller adalah sebuah alat untuk menghilangkan bekas jerawat dengan metode hampir sama dengan Mesotherapy. Fungsinya juga untuk merangsang pertumbuhan kolagen sehingga kulit yang cekung dapat kembali rata seperti area kulit lain yang tidak berjerawat.

-          Obat Oles (Obat Topical)

Selain cara dan alat diatas, ada beberapa produk obat oles atau obat-obatan topical untuk menghilangkan bekas jerawat. Obat-obatan tersebut biasanya mengandung steroid atau komponen untuk mengobati jerawat bengkak bernanah (nodul). Ada juga beberapa jenis obat topical yang mengandung bahan-bahan aktif seperti vitamin C dan Arbutin. Umumnya obat topical dengan komponen tersebut digunakan untuk bekas jerawat yang disertai flek hitam.

Solusi menghilangkan jerawat dan bekas jerawat cukup banyak pilihannya. Tentunya kita harus bijak memilih cara yang menurut kita terbaik. Artinya kita harus teliti memilih produk dan alat menghilangkan jerawat dan bekas jerawat agar tidak berpengaruh buruk pada kulit kita.       


No comments:

Post a Comment